#3 – Topeng Kepribadian (Personality Mask)

apa itu topeng kepribadian?dalam buku ini, Topeng Kepribadian adalah sifat yang kita tunjukkan pada sebuah komunitas atau pribadi bukanlah sifat kita yang sebenarnya.

 

pada sisi praktisnya, Topeng Kepribadian bukanlah hanya terletak pada sifat atau perilaku, namun juga keinginan bahkan logika.

 

percaya atau tidak, secara sadar atau tidak, bahkan mau atau tidak, Topeng Kepribadian telah sering kita gunakan, tergantung pada tempat maupun kepada subjek yang berhadapan dengan kita.

 

kita tak bisa menyamakan perilaku kita pada seorang satu dengan orang yang lain, kita biasa menggunakan Topeng itu pada sifat dominan subjek yang kita hadapi. Sifat dominan dari subjek pastinya ada dan ada yang sama dari orang ke orang yang lain, maka kita butuh topeng yang sama untuk menghadapi mereka

 

lalu bagaimana jika subjek kita juga memakai topeng?

 

perlu diketahui, sebaik apapun orang memasang Topengnya suatu saat sifat aslinya terlihat, namun sangat sekilas, maka dari itu kita perlu lebih peka pada perilaku subjek tersebut.

 

bagaimana mengenali topeng transparan?

 

topeng transparan justru sangat mudah dilihat, topeng transparan hanyalah istilah, sebenarnya si subjek sering melepas topengnya, tanpa melihat kondisi.

dia justru terpengaruh oleh kondisi sekitar sehingga sering TERLEPAS topeng kepribadian, maka dari itu sifat aslinya bisa di ketahui.

 

jika diumpamakan sebuah kesebelasan, tim tersebut akan menyerang dan bertahan mengikuti bola, bukan memanfaatkan bola untuk menyerang dan bertahan

 

lebih peka terhadap subjek dan kondisi akan memudahkan kita menemukan topengnya, tanpa meminta untuk melepaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s