Happy World Egg Day

pagi ini ada yang berbeda dari kampus ane, biasanya masuk gerbang kampus membayar 1000 rupiah dan di beri karcis masuk, tapi hari ini ternyata bonus satu telur, lumayanlah buat sarapan.
usut-punya usut, ternyata ini adalah hari telur sedunia, awalnya ane kira dari fakultas peternakan, eh ternyata dari kedokteran hewan Perunggasan
ndak cuma dapat telur, tapi kita juga dapet ilmu baru tentang telur.
cekidot dah..

“Tiap Jum’at minggu kedua bulan Oktober adalah hari telur se-dunia. Pada tahun ini, tanggal 14 Oktober, ditetapkan sebagai World Egg Day. Salah satu momen terbaik bagi masyarakat perunggasan, untuk mengingatkan kembali kepada sesama insan perunggasan bahwa ada tugas besar tentang peningkatan konsumsi telur nasional.

Lima manfaat terbaik dari telur

Nutrisi penting, telur mengandung berbagai nutrisi penting yaitu protein, vitamin A, D, E dan B, fisfor dan zinc. Berkadar lemak dan kalori rendah. Satu butir telur hanya mengandung 80 kal. Inilah yang membuat telur sangat disarankan saat seseorang menjalani diet.

Mencegah penyebaran Food-Borne Pathogen, E-Coli. Putih telur memiliki peran yang sangat penting mencegah penyebaran bakteri. Menurut penelitian oleh peneliti di Jepang, adalah zat peptide (yang ada di telur) yang mengikat bakteri E-Coli dan mencegah untuk bisa menyebar

Mencegah kadar kolestrol dalam darah. Tidaklah benar jika ada yang berpendapat bahwa telur meningkatkan kadar kolestrol darah. Tetapi sebaliknya menurut penelitian di Universitas Harvard, tidak ada hubungan antar penyakit kardiovaskular dan makan telur. Telur hanya mengandung 5 gram lemak dan hanya terdiri dari lemak jenuh. Tanpa mengandung lemak tak jenuh. yang memicu kenaikan kolestrol.

Baik bagi mata, pada telur terdapat Lutein dan Zeaxanthin. Dua zat ini membantu menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari efek ultraviolet sinar matahari. Selain itu juga 2 zat ini mengurangi resiko terkena penyakit Age-related Macular Degeneration, salah satu penyebab kebutaan bagi orang yang berusia diatas 65 tahun. Juga sudah dibuktikan bahwa dengan memakan telur, dapat mengurangi resiko penyakit katarak.

Sebagai sumber protein tinggi. Seperti yang sering dikatakan orang tua dulu, kalau telur sumber protein dan karena itu telur digunakan sebagai standarisasi dari sumber protein yang lain. Protein berfungsi untuk memperbaiki organ tubuh. Otot kulit, dan organ-organ tubuh semua tersusun dari protein. Protein sendiri terdiri dari 20 zat asam amino yang berbeda-beda, dan 9 diantaranya tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Telur mengandung 9 zat penting dan asam amino, yang berfungsi meningkatkan kadar protein dalam tubuh

Kelompok Studi Perunggasan PKH UB”

tapi sayangnya entah di kasih stempel dulu lalu direbus atau bagaimana, telurnya ada tinta nya😦

pokoknya siplah buat PKH UB🙂

4 thoughts on “Happy World Egg Day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s