Calon Insinyur mengajar dan mendidik anak SD? kenapa tidak

bismillah.
alhamdulillah ya, akhirnya ulasan berikut saya muat di blog ini meski sudah agak lama sekitar awal agustus 2011 di SDN Kauman 1 Malang.
ini kisah saya pertama kali ngajar di SD setelah 3 tahun off T__T, rasa kangen akan kenakalan dan keseruan terobati disini.


siswi sedang bermain di halaman bersama tentor mereka

sebagai pendidik, kita dituntut untuk menanamkan sebuah nilai positif dengan berbagai cara dan dalam hal ini kita menggunakan cara untuk anak SD, lebih tepatnya SD kelas 1 yang memang mereka masih anak keciiiiiil, pikirannya bermain dan bermain, segala sesuatu adalah permainan dan dunia adalah kotak bermainnya.

saya mengendalikan keadaan dengan menggunakan sebuah kondisi penjangkaran, pertama-tama saya terapkan sebuah peraturan sederhana yang menyenangkan, yaitu sebuah jawaban salam. Jika saya berkata Assalamu’alaykum maka mereka harus menjawab Wa’alaykumsalam.

ya sebagai anak kecil, saya mengerti mereka lebih menggunakan psikomotorik dan visualisasi mereka daripada audio, jadi saya memakai gerakan tarian untuk mengalihkan kelemahan audio mereka.
selain itu, saya menunjuk seorang murid yang dia memiliki kharisma daripada siswa yang lain, saat dia berbicara, suaranya jelas (sebagai anak kecil, saya rasa cukup jelas) dan semua anak memperhatikannya, jadi dia saya angkat menjadi ketua kelas dan alhamdulillah dia ndak keberatan🙂


dari kiri ke kanan, Zidan, Wira, Brian. Wira adalah siswa yang saya tunjuk sebagai pemimpin di kelas

selain itu, saya juga memakai cara pembelajaran aktif, mereka tidak saya suruh untuk mencatat materi sebelum mereka selesai menempel jawaban dari pertanyaan yang telah saya buat di kertas karton, cara ini cukup efektif untuk pembelajaran di usia mereka, namun ada kekurangannya juga, kita harus pintar-pintar menjaga agar mereka tertib, karena mereka selalu berebut untuk menempel jawaban.

rasa capek dan penat selalu ada namun semuanya dikalahkan oleh aksi-aksi lucu mereka🙂

nabil, baju putih.

Nabil anaknya aktif, dia selalu mengangkat tangan dan sangat antusias di setiap pertanyaan yang saya ajukan, dia tidak nakal jika kita bisa mengendalikan ke aktifannya untuk hal positif. Dia juga sempat konflik dengan Zidan.
Dan kali ini saya harus langsung turun tangan untuk mendamaikan mereka, tentunya saya dibantu siswa yang lain, termasuk Wira. Saya berusaha membujuk mereka agar baikan, saya ajarkan mereka bersalaman dengan hati yang ikhlas dan saling menghapus air mata temannya. ya memang awalnya sangat susah, namun mereka juga nggak mau puasanya batal gara-gara marah🙂

Untuk melatih kemampuan berbicara mereka, kami membagikan kertas kosong dan menyuruh siswa untuk menggambar apa yang menjadi cita-cita mereka dan bercerita di muka kelas
ini adalah sebagian dari gambar-gambar mereka


yang ini bercita-cita menjadi pembalap


yang ini bercita-cita jadi pembalap motorcross, tapi kok ada UFO?


yang ini bercita-cita jadi nahkoda


yang ini bercita-cita jadi dokter


yang ini bercita-cita jadi Polisi


dan yang ini bercita-cita jadi perancang layangan

Apapun cita-citanya, jadilah manusia yang berguna.

Dan saat istirahat pun, mereka nggak mau duduk manis dikelas, mereka malah berlarian di halaman dan saya membuatkan pesawat kertas agar mereka nggak jauh berkeliaran. Soalnya ada guru yang mengawasi T___T, sungkan.

Alhamdulillah dua hari pengajaran Pondok Romadhon lancar, dan kami sebagai Additional Teacher harus evaluasi, kami mengevaluasi kegiatan kami dan sharing apa-apa saja yang menjadi masalah dan diharapkan adanya perbaikan.
Ini foto sebagian Additional Tentor.

itu sebagian pengalaman saya mengajar SD kelas 1 yang sebelumnya sama sekali nggak pernah pegang anak sekecil itu, bagaimana dengan anda? siapkah anda mengajar?

One thought on “Calon Insinyur mengajar dan mendidik anak SD? kenapa tidak

Leave a Reply

