Lucu, ngakak, unyu-unyu… konyol [versi jawa]

berawal dari status fb

“judi islami > nggak usah judi
pacaran islami > nggak usah pacaran

*seems legit*”

lalu dikomeni sama temenku yg punya pendapat lain..

teman 1: lek ngunu takok sing duwe status ae wes… eyip?? butuh alasan logis…

saya: kan jare lek berdua2an haram
tp lek wes nikah dadi halal
kesimpulane, halal-haramnya hubungan laki2 n wanita iku dibatasi dg pernikahan
tp klo ad yg beranggapan pacaran itu gtw hukumnya, y ditinggalkan wae.. kan jare lek syubhat ditinggalne

teman 1: mmmhhh… lek berduaan kn.. masalahe d dunia ini kecil kemungkinan tuk berduaan kecuali d tempat sepi… hahaha

saya: y kan berduaan g harus ditempat sepi.. isoae sak mall isi wong 100 tp pacaran kbeh ==’

teman 1: waoalah… tetep ae itungane kn g berduaan… berduaan iku bener2 cmn mereka berdua yg ada…
hahahaha… d kembalikan k masing2 individu klo masalah yg no 2 itu… n ak pny dasar n logika dari agamaQ..(islam)

saya: lek menurutmu yaopo?

teman 1:wah ojok… iso menimbulkan perpecahan… cz ini hasil diskusi dg bnyk org n bnyk ustadz… n berakhir dg kesimpulan saya sendiri… kok ae… ojok ndek kene…
Like this karo … hahahaha

saya: la lapo perpecahan.. kan kita diskusi.. aku duwe prinsip u y due prinsip, lah moso prinsip pribadi yg berbeda iso menimbulkan perpecahan..wkwk

teman 1: hahahaha… oke2… lek kataq.. bukan pacaranny yg d haramkan… tapi cara berpacaranny itu yg perlu d petanyakan… masih berada ddalam aturan or tdk… yg tak d perbolehkan n yg bikin haram ketika pacaran itu dah melampaui bataas… cmn itu ja c yg bisa tak sampaikan…

saya: y brarti podo karo judi lek kalah gpp.. kan g memakan uang haram.. yaopo?

teman 1: walah bedo… lek judi jelas2 haram… jare sopo lek kalah gpp…??? ket eruh ak lek misal kalah gpp… menang kalah tetep g oleh cz mempertaruhkan sesuatu tanpa usaha.. mengandalkan keberuntungan, peluang n probability… lek d jelaskan dg statistika judi itu akeh rugine ketimbang untunge… total peluang menang g iso lebih dari 0,01…

teman 2: Judi iku sing g oleh kan taruhane
lek pacaran sing g oleh kan berkhalwat (lek zina kan wes pasti, dan wes jelas iku duso)
so, brarti lek LDRan…??

teman 1: mkane d kembalikan pada individu yg menjalani pacaran itu… bnyk manfaatny kah or bnyk mudharatny… itu sing tak tangkep dari ustad2q… tp ada jg yg mngharamkan karena alasan logis jg, n ujung2e sama… bergantung individu yg mnjalani…

saya: bukane masalah berlebihan atw ndak..
misale minum bir tp gak mabuk
judi tp gak menang
nyabu tp g teler..
kan pada dasarnya aj udah g boleh

teman 1: sek iki bahas sing ndi disek?? sing pada dasarny aja uda g boleh iki maksudte sing mana dulu??

saya: taqrobuzina kan g oleh..
nah deket mana dg zina (lek laki2 karo wanita) ank yg pacaran n gak pacaran?

teman 1: belum tentu jawabane… berrti mindsetmu yg berpacaran dah pasti zina??
saiki ak tny zina itu kriteriany gmn c??
kn sejak awal dah bilang.. bergantung yg mnjalani… paham g dg kata bergantung yg menjalani…?? selama iman n yg mnjalni bisa menjaga sesuai aturan agama why not..?? toh g ada dasar yg jelas yg mmngatakan pacaran itu haram kan??? bener g.. setauq c… hehehehe

teman 2: lek LDR, yokpo zina ne..??
barngene aku neng kalimantan cewek’e neng malang

saya: wah.. lek dijelasne zina iku wakeh, tp lek dlm hubungan pacaran y semisal e berduaan, mimi-pipi de el el.
trus lek masalah dasar g ada yg mengatakan pacaran itu g oleh, alqur’an juga g pnah bilang klo “judi kalah dan g memakan hasil judi” atau “minum bir tp g mabuk” atau “nyabu tp g teler” itu boleh
lek LDR, jarene sih lek telpon2an.. smsan yg “menjurus” mbuh iku jurus matahari op amaterasu g ngerti iku tetep ae g oleh wkkwwkkw

teman 1: lek masalah judi klo g memakan boleh??? mmmhhh g setuju ak masihan cz setauq judiny itu haram, klo masalah hasilny d pake or ndak itu lain cerita tentang g boleh or bolehny… klo minum bir itu masih setuju karena ada alasan baik ketika untuk mnghangatkan badan… klo nyabu ak no koment cz ak gtw n belum baca2….
lah lah kn masuk m kata2q td kan … bergantung sing mnjalani… masing2 kan wes podo tau agama, wes dewasa, wes ngerti batasan2 mana yg d larang n mana yg d perbolehkn..
ak loo ket mang pngin eruh alasanmu g oleh iku …?? hahaha

saya: pada asline, intine wes dijawab pada awal2 komen.. tinggalkan yg meragukan.. soale g ada sesuatu yg setengah halal atau setengah haram..
darurat itu ganti hukum.. y misale menghangatkan badan pake bir, darurat kan, lek g minum bir mati

teman 1: masalahe kudu ngunu kan… lek g ngunu g bakal onok penyelesaian cz masing2 kita punya argumen2 sesuai yg kita pelajari… n argumen2 itu sampe kapanpun g bakal bisa 1 cz masalah tafsir, persepsi n pemahaman tntang agama…
lek ak tau hukumny… tapi menurutq hasil belajarq n diskusiq ma masQ n ortuQ… hahahaha

saya: wkwwk..nah iku.. aku y tau takon ngunu.. masalah tafsir.. trus diwalik pertanyaanku tafsir mana? mahzab siapa? aku g eruh.. smpe saiki g iso t jwab.. yaopo? ono iku ndk grup sebelah..tp g eruh sik ono op wes g ono.. cz wes kira2 setahun setengah lalu

teman 2: lek ngunu carane yo g usah diskusi…
maksute iku, mengutarakan hasil dari pemahamane yokpo…
trus awakmu, pemahamanmu yokpo…
awakQ pemahamanQ yokpo
lek balik nang masing2 individu yo mesti…
tapi sing pengen eruh iku mbalik’e nang versi awakmu iku dadi yokpo..???

saya: tp asline judi bukan masalah peluang rweks.. meskipun peluange besar, 50/50 y tetep g oleh..
misalkan kita melempar koin.. kan keungkinan e 50/50 dg anggapan koin mesti jatuh sempurna

teman 1: ‎@saya wakakakkaka… jawab ngene ae… tafsirq..

@teman 2 ngerti2… paham… tapi ak duwe alasan jawab ngunu… cz diskusi masalah ngene kbnykan iku malah g menemukan solusi loo… malah menimbulkan pertengkaran n perpecahan n pada akhirny mnjudge orang… pngalaman yan.. soale ini bukan diskusi ilimiah… melainkan diskusi pemahaman agama masing2.. kan tiap org pny pemahaman yg berbeda2 sesuai individne…
lek versiq kan wes tak jawab, n wes ketok lah… lek delok komentq… silahkan simpulkan menurut sudut pandang yg baca..

@teman 4 pwh kesimpulan yg terlalu mncampur adukkan iku… peluange berbeda2… peluang yg masalah pacaran itu bisa jadi 1 (nilai tertinggi d peluang) klo kita wes berkomitmen n bener2 yakin m pasangan kita saat ini, terima segalany yg ada n mampu saling menghormati n saling mngisi… klo judi peluangny makin bnyk kita melakukan judi sebnyk n-kali mka peluang suksesny makin kecil… *statistikane metu… wakakakkakakakakakak

so…. menurut temanku yg ini pacaran boleh, asal g berlebihan
tapi bukankah pacaran itu suatu yg berlebihan? udah jadi temen eh malah minta jadi pacar… berlebihan bukan?

==’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s