Tarot – antara sains dan metafisik

Tarot bukanlah alat untuk meramal. Tarot dalam ilmu pseudo-sains, dimana pseudo-sains adalah ilmu semi-pasti, bukan merupakan sains namun bukan juga merupakan ilmu gaib. Pada dasarnya, tarot hanyalah alat untuk memprediksi, bukan meramal.

Dalam praktisnya, si pemilih kartu lebih cenderung memilih kartu yang secara sadar atau tidak, mewakili masalah atau perasaan dominan yang tengah dihadapi. Disinilah saat kartu tarot digunakan pada bidang pseudo-sains, Dan tugas pembaca bukanlah meramalkan masa depan melainkan mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapi atau memberi dukungan kepada pemilih kartu.

Lalu bagaimanakah orang yang memang bisa membaca pikiran atau bahkan memprediksikan masa depan? Hal itu sungguh luar biasa. Karena tak semua orang memilikinya maka hanya beberapa orang yang bisa melakukannya atau dalam hal yang lebih khusus, tahu bagaimana dia melakukan triknya, alias rekayasa atau tipuan belaka.

Hal tersebut layaknya jika dilakukan pengujian secara cermat dengan kontrol yang tepat. Seperti misalnya penggantian subjek.

Dalam kasus sulap yang menggunakan alat misalnya, dapat dilakukan pengujian dengan mengganti klien (subjek) atau mengganti alat sulap (instrumen) atau bahkan mengganti tempat dimana ia melakukan sulap, namun dengan memberi kontrol yang tepat kita bisa melakukan pengujian yang efisian tanpa banyak melakukan metode coba-coba (trial-error)

Seperti yang saya lihat beberapa menit lalu, seorang di forum ini melakukan trik sulap, dia mengganti kartu AS diamond menjadi AS hati yang sebelumnya telah diletakkan di tangan klien. Dalam hal ini, kuncinya adalah peletakkan kartu hati yang ditutup dengan kartu lain sedemikian rupa hingga menyerupai kartu diamond. Trik ini bisa dilakukan juga menggunakan kartu AS hitam, dimana tangkai dari gambar sekop dan keriting adalah sama, maka hal itu bisa digunakan sebagai trik.

Jadi, setiap sulap yang dapat dilakukan pasti memiliki trik, mungkin ada juga yang tidak maka dari itu perlu dilakukan pengujian, pengujian ini bukanlah untuk mengatakan bahwa pesulap adalah penipu, pengujian ini layak dilakukan pada mereka yang justru mengaku memiliki kekuatan metafisik seperti membaca pikiran, telepati atau telekinesis.

2 thoughts on “Tarot – antara sains dan metafisik

    • bukan.. pada awalnya tarot emang dipake buat mbaca nasib, tapi sebagai orang logika akhirnya tarot bukan dipakai utk mbaca nasib tapi mengetahui apa permasalahan klien dari rasa bawah sadar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s