Pergantian Pengurus ITJ Malang 2014

Alhamdulillah, pengurus baru telah dibentuk berdasarkan hasil musyawarah mufakat.
eh btw kenapa harus musyawarah sih?

Sabtu pagi (27/9) telah dilakukan sebuah silaturahim internal antara anggota ITJ malang, selain makan-makan tujuan acara adalah pemindahan amanah dari ‘rezim’ lama kepada ‘rezim’ baru. Eh jangan dulu mengkonotasikan negatif kata rezim karena hakikatnya rezim adalah sebuah istilah netral :p

Acara diawali dengan sebuah taujih bertema “Amanah dan Kepemimpinan: Haruskah Kita Terima?” disampaikan oleh ustadzuna Ahmad Hasan Saleh. Jabatan itu jika nggak ada jangan dicari, tapi kalau hadir ya jangan lari dan seorang yang diamanahi sebuah jabatan itu layaknya bersikap seperti gadis yang sedang dipinang oleh lelaki baik-baik, sami’na wa atho’na. Ada juga sifat pemimpin itu disingkat dengan S.I.F.A.T.

Benar, pemimpin tersebut mampu memutuskan sebuah keputusan dan tindakan yang benar, yang lurus sesuai aturan, meminimalisir kekurangan karena pada hakikatnya tidak ada sesuatu yang sempurna termasuk sebuah keputusan.

Konsisten akan kebaikan, pemimpin harus memiliki sebuah sikap konsisten akan kebaikan, demi kebaikan diri pribadi dan sebuah komunitas yang dipimpinnya tentunya yang harus berimplikasi baik dan bermanfaat bagi lingkungan diluar komunitas.
Cerdas, seorang pemimpin harus cerdas, definisinya cerdas adalah ketika ia mampu mengambil sebuah hikmah salah satunya dari pengetahuan yang ia dapatkan, pemimpin harus sadar akan kedudukan dirinya, pemimpin hanyalah sebuah perantara agar ketakwaan orang yang dipimpinnya semakin bertambah
Amanah, mampu memikul tanggung jawab yang diberikan, karena beratnya menjadi seorang pemimpin dan ‘ruwet’nya pertimbangan pada majelis syuro’ yang ditimbang dari segala aspek maka sifat amanah ini sangat penting, bagaimana bisa seorang minta jabatan atau diberi sebuah jabatan namun dia tidak memiliki sifat amanah? sifat amanah ini juga punya hubungan dengan ketakwaan orang yang dipimpinnya terhadap Allah. Istilahnya, seorang diberi jabatan untuk menjadi perantara antara manusia kepada Tuhannya.

Sesungguhnya amanah itu tanggung jawab kepada Tuhan, bukan hanya sebatas manusia ke manusia, sama halnya dengan sebuah janji apalagi sumpah, apalagi sumpah yang disebut atas nama Allah. Wuihhh berat ya… Maka dari itu ada hikmahnya juga kenapa jabatan pemimpin itu jangan dicari, tapi seorang pemimpin yang amanahlah yang lebih dulu masuk surga ketimbang orang-orang yang dipimpinnya

Lalu kenapa harus Musyawarah?
Dalam sila ke empat berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”, jelas sudah dalam mengangkat seorang pemimpin dan keputusan baiknya dilakukan secara musyawarah, bahkan butir butir sila ke-empat juga dijelaskan sejelas-jelasnya. Sudah sejak SD kita diajari soal musyawarah mufakat tapi seberapa sering kita mempraktekannya dibandingkan dengan sistem voting? hayooo…
Tentunya dalam majelis musyawarah diisi oleh orang-orang yang mumpuni, yang dinilai lebih bijak diantara anggota termasuk orang-orang yang pernah mengalami jabatan pemimpin sendiri, yaitu ‘mantan’ pemimpin. Diatas majelis musyawarah masih ada lagi, sebutannya beda-beda tapi lebih sering dinamakan pembina, ini adalah orang yang lebih bijak diantara yang bijak-bijak tadi, yang lebih lama memakan asam garam.

Dan akhirnya, pemindahan amanah dari korchap (koordinator chapter) Den Bagus Onoskalijup kepada Muhammad Ibnu Pradipta (AS-5-Lang, impor dari ITJ chapter Bekasi), dengan WaKorChap Bambang Galih, SekUm Ismi Junita, Bendahara Wardatul Jannah, PSDM Taufik H, Syi’ar M. Rian, Humas Aditya Arga dan divisi Dana Usaha Alfa Shafissalam.

Selamat menempuh ujian baru saudaraku, semoga ITJ Malang lebih baik.
Tetap sehat tetap semangat. Biar bisa jalan-jalan dan sebar flyer lagi ^_^

ITJ malang nih

coba tebak. apa bedanya?

ini pas lagi dengerin taujih dari pembina ITJ malang

ini nih korchap baru.. jomblo, 24 tahun

ustadzuna Ahmad Hasan Saleh, sekaligus pembina ITJ malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s