Di Atas Jalan Cinta Para Pejuang (1)

Para pecinta sejati tak suka berjanji, Tapi begitu mereka memutuskan untuk mencintai, mereka akan segera membuat rencana untuk memberi

-Anis Matta

**1**

Di jalan cinta para pejuang, jangan sampai kita dirusuhkan gairah sendiri..

Tiap kali melihat senyummu
Engkau mengingatkanku akan surga
Dan tiap kali engkau marah
Kuteteskan air mata ingat neraka
Maka teruslah begitu, sesekali tersenyum, atau marah padaku
Engkaulah gairahku

**2**

Cinta berjalan di hadapan kita
dengan mengenakan gaun kelembutan.
Tetapi sebagian kita lari darinya dalam ketakutan,
atau bersembunyi dalam kegelapan.
Dan sebagian yang lain mengikutinya
untuk melakukan kejahatan atas nama cinta.

-Kahlil Gibran

**3**

Cinta mereka.
Semacam pemujaan dari kejauhan.
Sebuah renungan dalam kebisuan
Sebentuk pendewaan oleh seorang pemuja rahasia

-Victor Hugo, Les Miserables

**4**

Cinta bagaikan ilham dari langit yang menerobos dada dan bersemayam dalam jiwa
Dan kini kami akan mati karena asmara yang telah melilit sebuah nurani
Katakanlah padaku: pemuda mana yang bebas dari penyakit cinta?

-Qais Majnun

**5**

Bila Cinta memanggilmu,
ikutlah dengannya meski jalan yang kalian tempuh terjal dan berliku.
Dan bila sayap-sayapnya merengkuhmu,
pasrah dan menyerahlah meski pedang yang tersembunyi di balik sayap itu akan melukaimu.

-Kahlil Gibran

**6**

Kita lemah karena posisi jiwa kita salah
Seperti ini
Kita mencintai seseorang lalu kita menggantungkan kebahagiaan kita pada sebuah kehidupan bersamanya.
Maka ketika ia menolak, -atau tak beroleh kesempatan-, untuk hidup bersama kita, itu menjadi sumber kesengsaraan.

**7**

Seperti kita semua
Setiap pejuang adalah anak zaman
Tetapi mereka menguak celah dinding sejarah
Tepat di saat mentari meninggi
Lalu peradaban menjadi lebih cerah

**8**

karena ke kemah kami
sejarah sedang singgah
dan mengulurkan tangannya yang ramah

tak ada lagi sekarang waktu
untuk merenung panjang, untuk ragu-ragu
karena jalan masih jauh

-Taufiq ismail, Horison

**9**

… Aku tidak tertarik siapa dirimu, atau bagaimana kau tiba disini.
Aku ingin tahu apakah kau mau berdiri di tengah api bersamaku dan tak mundur teratur.
Aku tidak tertarik di mana atau dengan siapa kau belajar.
Aku ingin tahu apakah yang menjagamu dari dalam, saat segala hal berjatuhan.
Aku ingin tahu apakah kau bisa sendirian bersama dirimu, dan apakah kau benar-benar menyukai temanmu di saat-saat hampa.

-A Passion for the Possible

**10**

Di hutan, kulihat ada dua cabang jalan terbentang
Kuambil jalan yang jarang dilalui orang
Dan itulah yang membuat segala perbedaan

-Robert Frost, The Road Not Taken

**11**

Dia sangat bersih, wajahnya berseri-seri,
bagus perawakannya, tidak merasa berat karena gemuk,
tidak bisa dicela karena kepalanya kecil, elok dan tampan,
di matanya ada warna hitam, bulu mata panjang,
lehernya jenjang, matanya jelita, memakai celak mata,
alisnya tipis, memanjang dan bersambung,
rambutnya hitam.
Jika diam dia tampak berwibawa,
jika berbicara dia tampak menarik
dia adalah orang yang paling elok dan menawan jika
dilihat dari kejauhan, tampan dan manis setelah mendekat

-Ummu Ma’bad Al Khuza’iyyah, tentang Rasulullah

**12**

“Jangan kalian berhati lemah dalam mengejar musuh. Jika kalian merasai sakit, maka mereka menanggungkan sakit pula sebagaimana kalian derita. Dan kalian mengharap dari Allah apa yang tiada mereka harapkan…”
QS. AnNisaa’:104

**13**

Tapak pertama VISI
Agar aku tak lagi tertidur lelap, tapi bangkit terjaga
Agar aku tak lagi tertunduk sayu,
tapi tegak terpancang
Agar CINTAKU tak lagi terpejam sendu,
tapi tajam terpancar
Agar aku tak menyipit silau, tapi menatap lekat
Agar aku tak memandang serampang,
tapi menelisik jeli

Di jalan cinta para pejuang
ada empat tapak

Tapak kedua GAIRAH
Agar aku tak lagi lemah
Agar aku tak lagi goyah
Agar CINTAKU jadi gagah
Agar aku tak cepat lelah
Agar aku tak menyerah

Di jalan cinta para pejuang
ada empat tapak

Tapak ketiga NURANI
Agar aku jujur pada diri
Agar kudengarkan suara hati
Agar CINTAKU jadi suci
Agar kupandang dunia dari ufuk tinggi
Agar aku dibimbing Ilahi

Di jalan cinta para pejuang
ada empat tapak

Tapak keempat DISIPLIN
Agar aku penuh taqwa dalam banjir cinta
dan badai asmara
Agar aku bukan hanya penikmat rasa,
tapi juga penjaga agama
Agar CINTAKU bukan hanya kesenangan diri,
tapi juga ridha Ilahi
Agar aku tak hanya dicinta seorang terkasih,
tapi juga Yang Maha Pengasih
Agar aku tak hanya dirindukan isteri,
tapi juga bidadari.

– Salim A. Fillah, Jalan Cinta Para Pejuang

**14**

Jikapun malam begitu pekat
Dan mata sebaiknya dipejamkan saja
Hatiku masih lincah melesat
Jauh melampaui ruang dan masa
Kelananya menjejakkan mimpi-mimpi

Di sepertiga malam terakhir
Aku terjaga, sadar, dan memilih menyalakan lampu
Melanjutkan mimpi indah yang belum selesai
Dengan cita yang besar, tinggi, dan bening

– Salim A. Fillah, Jalan Cinta Para Pejuang

**15**

Jika Allah mengambil dari kedua mataku cahaya terang
Maka dalam hati dan fikirku ia masih bersinar cemerlang
Jiwaku cerdas, akalku lempang
Dan lidahku tajam sebaik-baiknya pedang

-Ibnu ‘Abbas, ra.

**16**

“.. sejak aku tiba di lembah airmata ini
bahkan tak bisa kukatakan siapa diriku”

-Umar Al khayyam

**17**

Ya Allah,
sesungguhnya Kau uji aku dengan nikmat-nikmat
lalu aku bisa bersyukur
Itu lebih aku sukai,
daripada Kau uji aku dengan musibah-musibah
Lalu aku harus bersabar

-Abud Darda’, ra.

**18**

Bukan kita yang memilih takdir
Takdirlah yang memilih kita
Bagaimanapun, takdir bagaikan angin
bagi seorang pemanah
Kita selalu harus mencoba
untuk membidih dan melesatkannya
Di saat yang paling tepat

-Shalahuddin Al Ayyubi

**19**

Kita merencanakan, untuk menyesuaikan diri dengan rencana Allah

-Hilmi Aminuddin

**20**

Leave a Reply

