Abu Jahl

Jahiliyah bisa lahir dari rahim ketidaktahuan yang diiringi persangkaan. Dari kedunguan dan logika yang dipaksakan. Dari kesalampahaman yang diwarisi temurun.
Jahiliyah bisa juga bersumber dari oknum berpengetahuan yang sombong dan gengsi atau kekuasaan menindas yang tak ingin kehilangan posisi.
Jahiliyah datang dalam bentuk dan rupa yang kadang menjijikkan, di saat lain tampak wajar-wajar saja, atau malahan dalam dandanan yang mempesona. Dialah ancaman terburuk bagi eksistensi manusia sebagai makhluk yang mendapat tugas ibadah dan tugas khilafah.

Rasulullah pernah berdo’a: Ya Allah, perkuatlah Islam dengan salah satu dari dua ‘Amr yang lebih Kau cintai: ‘Umar ibn Khaththab atau ‘Amr ibn Hisyam. Rasululah menyebut mereka sebagai ‘Amraini (dua ‘Amr). Ketika itu malam Kamis, di sebuah rumah di bawah bukit shafa. Dan selang beberapa hari, Allah memilih ‘Umar ibn Khaththab untuk menjadi tonggak beralihnya fase dakwah sembunyi-sembunyi menuju dakwah terang-terangan. ‘Umar ibn Al Khaththab memiliki kunyah sebagai Abu Hafshah sekaligus memiliki laqab sebagai Al Faruq, Pemisah Kebenaran dan Kebathilan sedangkan ‘Amr ibn Hisyam memiliki kunyah Abu Jahl sekaligus memiliki laqab ‘Aduwwullah, musuh Allah.
Mengapa ‘Amr ibn Hisyam digelari sebagai Abu Jahl? Dia tidak mungkin menamai anaknya sebagai Jahl, si bodoh. Jahl identik dengan buta huruf, tidak kenal etika, biadab, dan terbelakang secara materi, hal-hal yang justru tidak ada dalam diri ‘Amr ibn Hisyam, tetapi dia adalah Abu jahl, si bian kejahiliahan.
Ternyata memang definisi jahiliyah yang menjadi sasaran dakwah para Rasul untuk diangkat dari kegelapan menuju cahaya tidak terkait langsung dengan buta huruf, tidak kenal etika, kemiskinan, dan keterbelakangan.
Dalam sejarah perjalanan dakwah para Rasul dan orang-orang yang mengikuti mereka, jahiliyah telah menemukan jati dirinya sebagai penyakit yang menjangkiti keyakinan. Ia adalah rabun yang mengacaukan pandangan terhadap hakikat kehidupan, kemanusiaan, dan peribadahan

#Saksikanlah bahwa aku seorang Muslim#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s