Kecewa dengan wisuda UB? Ini pengalaman saya

Bismillah. tulisan ini sebagai ungkapan kekecewaan saya pribadi terhadap prosesi wisuda Universitas Brawijaya periode V 2014/2015, mungkin beserta panitia dan Biro yang terkait.

Sekitar bulan september 2014 (sudah 5 bulan lebih) saya sudah menyelesaikan semua kewajiban akademik dan administrasi yang tentunya menguras waktu, harus bolak-balik lompat-lompat dari biro satu ke biro yang lainnya juga menguras uang orang tua saya.
Salah satu yarat lulus adalah HARUS MENGIKUTI WISUDA, setidaknya HARUS MEMBAYAR BIAYA WISUDA sekitar 600 ribu, setelah membayar 600 ribu nanti diberi sebuah kwitansi dan mendapat stempel “telah melakukan pembayaran wisuda” di Form S02. Sayang, situs jurusan saya sedang down, disana ada tautan mengunduh form S02.

Setelah form S02 selesai maka bukan serta merta menjadi peserta wisuda, harus daftar lagi.
Saat itu (oktober 2014) saya sudah bekerja di luar kota, jadi untuk urusan ini saya meminta bantuan pada teman saya yang masih ada di malang. Prosesnya lumayan, jika mengurus pendaftaran wisuda sendiri nggak terlalu ribet meskipun harus bolak-balik antar biro, namun jika diwakilkan harus membuat surat kuasa dsb dsb dsb, tapi tak apa itulah konsekwensinya. Jadi jika boleh dihitung mulai dari pendaftaran wisuda hingga prosesi memakan waktu 2 bulan.

Loncat ke hari H (24/1/2015), prosesi wisuda periode V dilaksanakan, setelah bersalaman dengan rektor dan turun panggung, map yang diberikan sang Dekan agar segera di cek, bagus jika ada ijazahnya, urusan selesai, namun bagaimana jika tidak?
justru muncul tulisan “ijazah dalam proses di fakultas”. nah lho, disinilah keribetan dimulai, setelah wisuda masih harus ke sini atau situ untuk mengurus selembar notifikasi yang bisa ditukar dengan ijazah

"Ijazah"

Tapi mungkin belum ‘bejo’ nya, Kartu Tanda Alumni (KTA) yang menjadi identitas alumni universitas pun harus rusak, entah kenapa tercetak nama lain di bagian belakang KTA. Mungkin Barcode tidak bermasalah, tapi siapa yang mau keluar duit untuk barang yang sudah rusak?

10410702_10203459991322421_5452555597761490094_nkok saya curiga ini adalah kesalahan yang dibiarkan “yo wes rapopo dobel, tinimbang nggak due KTA”

Dalam kekecewaan, saya coba buka E-Complaint di situs resmi Universitas Brawijaya, karena saya termasuk Civitas Akademia maka saya buka tautan untuk komplain dari Civitas Akademia, kekecewaan belum berhenti, komplain yang telah diajukan nantinya mendapat tiket yang bisa di cek di situs induk, sialnya tiket tersebut entah mungkin berupa nomor seri dikirim kepada email basic civitas akademi yang merupakan hak bagi civitas akademi. Namun entah kenapa email saya tidak bisa dibuka. Padahal dalam email tersebut ada informasi mengenai tiket komplain, tanpa itu saya nggak tahu mau bagaimana lagi jika komplain (sebagai civitas akademia).

Surat elektronik sudah dilayangkan pada helpdesk@ub.ac.id , semoga pertanyaan saya untuk cara membuka email civitas dapat segera ditanggapi.

Jadi setelah wisudapun harus ruwet dahulu, padahal dari perusahaan sudah menuntut adanya ijazah dan karena masih pegawai kontrak, tiap cuti dipotong gaji. Jangan jadikan prosesi wisuda sebagai Mega Proyek Bulanan, terserah jika mau menjadikan sebuah proyek, tapi kami sebagai ‘investor’ harus mendapat hak yang telah dijanjikan pada kami. Jujur deh, biaya pulang nggak murah, apalagi harus dipotong gaji jika mengambil cuti.
Semoga ijazah saya masih bisa diambil dalam waktu tiga bulan kedepan, semoga pengurusan KTA tiga bulan kedepan nggak diribetkan, dan semoga foto saya yang bersalaman dengan Rektor tidak hilang dalam waktu tiga bulan kedepan.

Semoga para panitia wisuda dapat lebih meningkatkan kinerjanya.

Wassalam

6 thoughts on “Kecewa dengan wisuda UB? Ini pengalaman saya

  1. Dan sekarang….wisuda pun haru mengantri…setiap fakultas stiap periodenya dijatah hanya 50 kursi…sedangkan lulusan lebih dari 50/bulannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s