JNE, Yakin Esok Sampai (?)

Memang jasa pengiriman barang tidak sempurna, selalu ada luputnya, lain lagi dengan doa yang dipanjatkan apalagi di waktu yang mustajab.

Yakin Esok Sampai. sebuah produk jasa tingkat premium yang ditawarkan JNE dengan menjamin barang sampai esok hari.
Atau mungkin maksudnya “Yakin Esok Sampai?” atau “Yakin Esok (lusa) Sampai”. Entah.

Makanan yang dikirim orang tua saya dari kota Malang ke Jakarta dengan produk jasa YES dari JNE juga tak luput dari naas (sengaja, biar dramatis), dikirim tanggal 23 Juni dan yang harusnya tanggal 24 Juni sudah bisa dipakai buka puasa ternyata perut harus menunggu hingga buka puasa tanggal 26 Juni.
Nomor resi yang mestinya diberikan pun juga (HARUS) terlambat, kala itu nomor resi akan diberitahukan via henpun, entah telpun atau es’em’es. Setelah ditagih, akhirnya pihak JNE memberi tahu (macam rahasia aja) nomor seri resinya pada tanggal 25 Juni, mereka beralasan bahwa pengiriman terhambat karena pendiri JNE, pak Soeprapto Soeparno, meniggal dunia pada 23 juni.
Belum sampai disitu, botol yang digunakan untuk membungkus paket pun harus remuk. Harus.

penampakan paket, terlihat botol yang remuk

penampakan paket, terlihat botol yang remuk

resi sementara dari JNE

resi sementara dari JNE

Disamping itu, memang tiap penawar jasa ekspedisi setahu saya tidak ada yang berani menjamin barang akan diterima konsumen dengan keadaan sehat waalfiat karena jelas sekali yang mereka tawarkan adalah jasa pengiriman, bukan perawatan selama pengiriman. Tak heran, mungkin masih ada yang ingat beberapa waktu lalu tersebar beberapa foto tumpukan barang yang sedang menumpuk tak teratur di salah satu perusahaan ekspedisi, konon, banyak yang mengomentari perihal foto tersebut, ada yang khawatir barang kirimannya berupa leptop juga ‘digituin’. nah lho.

Akhir kata, innalillahi wa innailaihi roji’uun, semoga amalnya diterima dan dilapangkan kuburnya pak Soeprapto Soeparno.
Dan pada akhirnya dikembalikan pada pemirsa untuk memilih secara mandiri jasa ekspedisi mana yang lebih terpercaya untuk mengirim berbagai pproduk yang berbeda, seperti dokumen atau barang ‘tiga dimensi’ pasti tiap-tiap jasa ekspedisi punya spesialisasi tersendiri.
Serta ucapan terimakasih untuk akun @JNECare yang meluangkan waktu menanggapi pernyataan saya, karena memang banyak sekali komplain di hari yang sama tentang terlambatnya paket konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s