Kerja apa Dikerjain?

Masih ingat gak pertama kali memasuki dunia kerja?
Bagai anak cupu baru lahir belajar kesalahan-kesalahan, bedanya, kali ini kalau salah bakal kena marah “gitu aja gak bisa”, “lulusan mana sih?” dan lain lain

Sampai pengalaman pahit yang (mungkin) dirasakan, ditipu oleh pihak pemberi kerja, mulai dari iming-iming gaji yang gede tapi ternyata dapatnya gak seberapa, gak sebanding dengan beban kerja yang diberikan. Tapi jujur saja deh, sebagai makhluk baru di dunia kerja pastinya “karyawan” baru model ini justru membutuhkan pengalaman. Dengan berat hati pil pahit ditelan –beban kerja sedemikian– untuk menimba ilmu dan mengumpulkan pengalaman. Itu pasti.

Saya kali ini akan cerita, gimana rasanya menjadi mid-engineer yang sebetulnya agak bosan dengan dunia engineering, nah lho kok bisa?

Proyek yang saya kerjakan ini statis sekali, dengan jangka waktu hanya 2,5 tahun harus berhasil membuat sebuah “bangunan besar dengan risiko setingkat provinsi dan ibu kota” sedangkan sudah berjalan hampir setahun setengah masih itu-itu saja yang dikerjakan, belum menyentuh pekerjaan utama.

Dengan didukung oleh tim engineer yang sangat ahli di bidangnya –senior engineernya sudah tua-tua dan banyak makan asam garam– namun sangat tidak didukung dengan Tim Pengelola Keuangan serta Tim Pemilik Pekerjaan yang cukup cakap.

Bayangkan saja, dana dipangkas rapi sekitar 50% dengan meniadakan pengadaan alat dan fasilitas kerja. Cekidot gaaan!

  1. Pengadaan 2 “Alat Jenis A”, yang 1 unitnya seharga 39 jutaan rupiah tidak ada sama sekali.
  2. Pengadaan 2 “Alat Jenis B” yang 1 unitnya seharga 4 jutaan rupiah juga tidak punya.
  3. Pengadaan 2 “Alat Jenis C” hanya ada sebuah
  4. Pengadaan 5 mobil dipangkas jadi 2 mobil, 2 lainnya diminta oleh tim pemilik pekerjaan, sedangkan 1 lainnya diminta tim Pengelola.
  5. Pengadaan 7 motor kelas motor off-road diganti 2 motor bebek karyawan yang disewa
  6. Pengadaan komputer yang tadinya 10 unit, kini hanya ada 5 unit
  7. Pengadaan 5 leptop disikat menjadi 3 leptop
  8. Pengadaan 2 printer kapasitas A3 diembat dan sekarang hanya ada 1 unit
  9. Pengadaan 10 unit UPS (Uninterruptable Power Supply) yang seharusnya 1 unit untuk masing-masing komputer hanya ada 1 unit
  10. Pengadaan 2 scanner kapasitas A3, HILANG! JDERRR!!
  11. 2 unit mesin fotocopy pun tersisa 1 unit
  12. 2 Handycam DVD pun keduanya raib entah kemana
  13. Pengadaan 2 buah kamera DSLR ditilep dan digantikan dengan 2 buah kamera pocket
  14. 1 unit plotter tak berbekas sama sekali
  15. 2 unit proyektor dipangkas 50% OFF!!

Belum lagi kelengkapan Alat Pelindung Diri di lapangan, entah kenapa selalu kurang, tidak semua kebagian Jas hujan, hanya ada 3 APD standart: Kepala, Badan, dan Kaki

Sebagian diatas hanyalah alat dan fasilitas, belum lagi tenaga yang dipotong-potong, namun harap maklum, menemukan tenaga yang kompeten cukup susah belakangan ini tapi bukan karena orang kita tidak ada yang punya skill karena rate upah yang standart, yang besarnya senilai dengan beban kerja tidak diberikan, apalagi gajian ditransfer tanggal 40 an.

Kerja lembur? pastinya ada

Uang lembur? ikhlaskan saja

Dalihnya satu. “Di kontrak tidak ada”. Sialnya, di kontrak tertulis jelas sembilan ratus hari Kalender. Tahu apa artinya? 900×24. Betul Betul Betul, 900×24 jam kerja. Non. Stop.

Soal THR? ngemis dulu ke Tim Pelaksana. Tim Pengelola tidak menyediakan “uang aneh” macam itu dan malah menyuruh Tim Pengawas mencari “sampingan” kepada Tim Pelaksana. Emang siapa yang mau makan uang tidak halal?

Oh iya, apa saya sudah cerita bagaimana cara mengatasi fasilitas-fasilitas yang serba kurang tersebut? Karyawan diminta mengikhlaskan barang pribadinya untuk dipergunakan tujuan pekerjaan seperti menggunakan leptop pribadi tanpa adanya kompensasi apapun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s