Pulsa XL Hilang Entah Kemana [FIXED]

Bismillah..

Jarang-jarang ngeblog yang berguna biasanya random alias meracau. Kali ini saya ingin share pengalaman Perginya Pulsa Dari Hapeku. Sudah ditahan hampir 2 bulan karena ingin bereksperimen dari sebuah pertanyaan sederhana lho kok tiba-tiba pulsa habis?. Apakah sama dengan apa yang dialami netijen+62 yang memakai XL Axiata sebagai penyedia layanan komunikasi? cekidot gaaaan….

Kronologisnya begini, tanggal 7 April 2020 dimana saya tidak punya paketan internet XL dalam bentuk apapun tiba tiba dong dapat SMS dari XL-Axiata yang bunyinya “Pemakaian Internet Anda dengan tarif Rp 1/KB sudah mencapai Rp 2500 dari maksimal pemakaian 10000…dst“. Lah dalah perasaan pake Wi-Fi dan ketika dicek benar memang pakai Wi-Fi lha wong saya mainan Instagram kok kalo pake pulsa reguler ya jebol.

Coba deh cek pulsa ke *123# eh bener aja pulsa masih 72225, masih banyak tuh, beberapa jam kemudian setelah mainan Instagram dan 9Gag iseng cek pulsa eh ternyata berkurang jadi 72025, muncul sebuah asumsi “jangan-jangan cek pulsa bayar“… Wong cek saldo di ATM aja bayar kok. Btw karena mau masuk masa aktif maka saya beli pulsa yang seharga 15rebu, jadi total pulsa yang saya ‘timbun’ menjadi 87025

Keesokan harinya (8 April 2020) dapat lagi SMS dari dan berbunyi sama, waduh kok gak berhenti ya?” Coba cek pulsa lagi, eh pulsa jadi 86725. Ajaib! berarti benar hipotesis saya, “cek pulsa itu gak gratis mas bro!”. Penampakannya di bawah ini

Okelah kalo begitu, biaya dialling cek pulsa sekitar 200 rupiah. Sounds fair.
Tersisa satu hipotesis lagi “Apa tetep kepotong kalo punya paket internet?”
Saya coba deh beli paketan internet secukupnya. Xtra Combo 5GB+5GB untuk pemakaian 30 hari, dimulai 21 April 2020 dan berhenti otomatis karena sudah miskin pulsa tanggal 18 Mei 2020. Ternyata eh ternyata selama saya punya paketan maka SMS XL-Axiata “ninggalke aku pas lagi sayang-sayange“. Cekidot penampakannya gan.

Nah akhirnya hipotesa skripsi saya selesai dan dapat ditarik beberapa kesimpulan:

1. Cek pulsa itu gak gratis bro
2. Kalau tak punya paketan maka beberapa rupiah pulsamu bakal pergi entah kemana, yah minimal 2rebu5ratus sehari lah
3. Bukannya pelit tapi kayaknya 200 rupiah dan 200 rupiah dalam bentuk pulsa itu lebih mahal yang dalam bentuk pulsa
4. Download aplikasi XL aja di playstore buat ngecek pulsa, gratis, selain itu tahu apakah benar pulsamu tiba-tiba pergi meninggalkanmu. Nah ada penampakannya juga dibawah ini.

Ini penampakan cek pulsa via aplikasi XL tanggal 25 Mei 2020. Pulsa 59008

 

 

Dan ini penampakan cek pulsa via aplikasi XL tanggal 26 Mei 2020. kelihatan berkurang 2500 rupiah kan?

 

Nah dibawah ini kronologi telenovela melodrama kita

Tapi tak lengkap rasanya kalau mendengar cerita dari satu sisi saja, maka mari kita simak dari sudut pandang @myXLCare

 UPDATE 27/05:

Sesuai janji, akan kita kuak apa yang sebenarnya terjadi dengan hilangnya pulsa XL, berikut hasil diskusi saya dengan salah satu admin dari myXLCare via twitter

Nah ini twit komplain saya pada akun myXLCare, serius deh, setiap komplain responnya cepat

Dan berikut adalah pemecahan masalahnya

Oke, jadi begini resumenya.
Bagi anda pengguna layanan XL yang menggunakan smartphone yang memiliki fasilitas jaringan 4G apabila tidak punya paketan internet maka harap rubah pengaturan Moda Jaringan Ponsel caranya

Setting >> Connection >> Mobile Network >> Network Mode, kemudian pilih “2G Only

Atau yang biasa pakai setelan Bahasa Indonesia
Pengaturan >> Koneksi >> Jaringan Seluler >> Moda Jaringan, kemudian pilih “Hanya 2G”

Jadi keterbukaan informasi itu perlu meski bukan pertama dan satu-satunya.
Tentunya Terimakasih untuk @myXLCare yang gercep dan akurat dalam merespon.

Sudah saya tuliskan bagaimana berkurangnya pulsa akibat pemakaian data yang “tak disengaja” meskipun ponsel kita tersambung dengan WiFi namun bisa jadi CS juga tidak tahu menahu teknisnya, mungkin lain kali akan kita bahas disini dengan tajuk “WiFi Aktif Tapi Pulsa Makin Menipis“.

Oke guys. stei setrong stei helti karena Corona belum berhenti.

Burung Irian
Burung Cendrawasih
Cukup Sekian
Dan Terima Gaji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s