Klaim BPJS-TK via Lapak Asik

Bismillah…

Bagi para pekerja, siapa yang tidak tahu keberadaan BPJS baik kesehatan (yang baru saja dinaikkan iurannya) maupun BPJS Ketenagakerjaan.
Memang BPJamSosTek –begitu sering disebutkan untuk mengganti singkatan BPJS Ketenagakerjaan– adalah duit-duit kita sendiri (dan 0.5% dari perusahaan) yang kita simpan di sebuah lembaga yang tujuannya untuk menjamin hari tua para pekerja.
Entahlah mungkin kesadaran menabung masyarakat Indonesia dinilai terlalu rendah sehingga diharuskan menyimpan sebagian uangnya dan bisa diambil ketika sudah pensiun nanti.

BPJS Lapak Asik

Sebelum era pandemi CoViD-19, cara klaim BPJamSostek cukup mudah, kita hanya perlu mendaftar lewat situs Antrian BPJS-TK kemudian datang untuk mengantri menunggu dipanggil ke kantor-kantor cabang BPJamsostek terdekat atau kantor bank rekanan yang ditunjuk dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan seperti KTP, KK, Kartu Kepesertaan BPJS-TK, Surat Vaklaring, Foto Diri, NPWP, Buku Tabungan aktif dan Formulir Permohonan Klaim.
Datangnya tidak perlu menunggu matahari terbit, jam 3 pagi sebelum ayam bangun pun bisa karena memang biasanya seperti itu karena kuota pemohon klaim dibatasi bahkan beberapa bank rekanan membatasi hanya 10 klien perhari.

Berlanjut pada era pandemi CoViD-19 di Indonesia, BPJamsostek menghadirkan Layanan Tanpa Kontak Fisik alias Lapak Asik, dimana peserta yang ingin mengajukan klaim tidak perlu datang ke kantor maupun bank rekanan BPJS-TK, cukup mendaftar lewat Antrian BPJS-TK kemudian mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan, pastikan bahwa berkas-berkas yang dibutuhkan berhasil terunggah, jika tidak maka kita perlu datang ke kantor BPJS-TK dimana kita menyatakan klaim pada saat mendaftar antrian untuk menyerahkan berkas secara fisik ATAU lebih mudah kita mengirimkan berkas-berkas lewat email kantor BPJS-TK dimana kita menyatakan klaim, setelah itu tinggal menunggu kapan kita akan dihubungi pihak BPJS-TK untuk memverifikasi berkas kita.

Dengan program Lapak Asik dari BPJS-TK maka pelayanan BPJS-TK meningkat terutama dalam pelayanan pengajuan klaim. Berdasarkan pengalaman pribadi, peserta tidak perlu datang jauh-jauh, hujan kepanasan, panas kehujanan, pagi kesiangan maupun siang kesorean. Peserta cukup #DirumahSaja, menyiapkan berkas yang diperlukan, upload, verifikasi via WhatsApp video call (nant di konfirmasi oleh petugas bahwa sekian menit lagi akan video call), dan selesai. Menurut petugas BPJS-TK uang akan dicairkan 5-7 hari kerja setelah proses verifikasi jika berhasil. Pastikan ponsel tetap aktif, memiliki koneksi internet dan tidak ada berkas yang kurang apalagi dipalsukan karena pidana siap mengincar jika ketahuan memalsukan data.

Dalam mengklaim BPJS-TK sebenarnya yang paling berat bukanlah kelengkapan berkas melainkan rebutan antrian, saya sendiri sudah lebih dari setengah tahun tidak dapat antrian namun di era pandemi ini sepertinya kuota peserta yang mengajukan klaim ditambah jumlahnya.

Untuk lebih lengkapnya bisa langsung baca di halaman BPJS-TK mengenai Lapak Asik.

Selamat berjuang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s